Waralaba Bisnis Moo Moo Korean Milk
Waralaba atau franchise mungkin kalian
sudah tidak asing lagi mendengar nama tersebut, pasti beberapa dari kalian
ingin mendirikan usaha franchise atau waralaba. Nahh pengertian dari waralaba
atau frenchise menurut Asosiasi Franchise Indonesia adalah suatu sistem
pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana sang pemilik
merek memberikan haknya kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan
bisnis dengan nama, merek, sistem, prosedur, manajemen, dan cara-cara yang
sudah ditentukan sebelumnya dalam jangka waktu dan meliputi area tertentu.
Disini saya akan mengambil salah satu
contoh bisnis waralaba atau franchise yang ada di Indonesia yaitu Moo Moo Korean
Milk. Pendiri Bisnis Moo Moo Korean Milk dengan beraneka macam rasa ialah
Chandra Junaidi yang mendirikan usahanya pada tahun 2014 di Palembang Sumatera
Selatan. Kenapa memilih usaha franchise Moo Moo Korean Milk karena dizaman
sekarang ini susu merupakan salah satu minuman menyegarkan yang kaya akan
manfaat karena memiliki nilai gizi yang tinggi.
Untuk mendirikan Moo Moo Korean Milk
Pria yang akrab disapa Chandra ini mengaku menghabiskan modal sebesar Rp.
200.0000.000,- yang digunakan untuk membeli peralatan dan bahan baku awal, dan
Chandra telebih dahulu melengkapi perizinan yang dibutuhkan Seperti SOP, BPOM,
dan sertifikat halal dari MUI.
Sekilas tidak ada yang berbeda dari Moo Moo Korean Milk
dengan minuman susu lainnya. Namun menurut Chandra, kelebihan Moo Moo Korean
Milk terletak pada varian rasa yang ditawarkan yang tidak ada di pasaran.
“Pelanggan tidak akan menemukan varian rasa yang ada di Moo Moo Korean Milk
pada brand lain, karena kita memproduksi sendiri bahan baku yang digunakan,”
ujar Chandra.
Chandra menambahkan minuman susu yang ditawarkan Moo Moo
Korean Milk juga lebih kental dibanding produk sejenis. Moo Moo Korean Milk
menawarkan 8 varian rasa minuman susu yaitu Mexican Coffee, Orange Splash,
Honeydew, Frozen White, Choco Magnum, Avolcano, Moo-Moo Vanilla, dan
Sstrawberry-Berry. “Hampir semua varian rasa Moo Moo Korean Milk disukai
pelanggan,” terangnya.
Tertarik menjadi mitra usaha Moo Moo Korean Milk namun
minim modal? Tidak perlu khawatir, pasalnya Moo Moo Korean Milk menawarkan 3
paket investasi yang sangat terjangkau. Mulai dari Paket Ekonomis sebesar Rp
3,7 juta, Paket Tanpa Booth sebesar Rp 4,5 juta, dan Paket Booth senilai Rp 6,2
juta. Untuk paket booth mitra akan mendapatkan booth, peralatan usaha, bahan
baku awal, dan media promisi seperti brosur, spanduk, dan banner.
Lalu untuk paket tanpa booth mendapatkan fasilitas yang
sama dengan paket booth, hanya saja tidak mendapatkan booth. Sedangkan untuk
paket ekonomis hanya mendapatkan bahan baku saja tanpa booth dan media promosi.
“Mitra bebas membeli booth dan peralatan sendiri, dan jika mitra ingin mencetak
media promosi sendiri saya akan berikan desainnya,” terangnya.
Bagi anda yang ingin mencicipi Moo Moo Korean
Milk, tidak perlu khawatir soal harga, pasalnya semua varian rasa dijual dengan
harga mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per cup tergantung varian rasa
yang dipilih
Analisis :
1. Segmentasi
Berdasarkan demografis usia, yang
menjadi segmentasi Moo Moo Korean Milk adalah dikalangan anak-anak usia 7
tahun, usia remaja hingga usia lanjut.
Berdasarkan demografis pendapatan,
yang menjadi segmentasi MooMoo korean Milk adalah orang yang mempunyai
pendapatan menengah kebawah.
2. Target
Pasar
Moo Moo Korean Milk memilih target
adalah keluarga dikalangan ekonomi menengah kebawah dan anak remaja dikalangan
menengah kebawah.
3. Positioning
Pada produk Moo Moo Korean Milk
memiliki ciri khas dari pada penjual-penjual susu yang lainnya yaitu susunya
lebih kental dan memiliki aneka rasa diantara lainnya rasa Mexican Coffe,
Orange Splash, Honeydew, Frozen White, Choco Magnum, Avolcano, Moo-Moo Vanila,
Strawbery-Berry. “Hampir semua varian rasa Moo Moo Korean Milk disukai oleh
pelanggan”
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar