Senin, 24 Oktober 2016

Tugas2_Pengantar Bisnis_Waralaba

Waralaba Bisnis Moo Moo Korean Milk


Waralaba atau franchise mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar nama tersebut, pasti beberapa dari kalian ingin mendirikan usaha franchise atau waralaba. Nahh pengertian dari waralaba atau frenchise menurut Asosiasi Franchise Indonesia adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana sang pemilik merek memberikan haknya kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan nama, merek, sistem, prosedur, manajemen, dan cara-cara yang sudah ditentukan sebelumnya dalam jangka waktu dan meliputi area tertentu.

Disini saya akan mengambil salah satu contoh bisnis waralaba atau franchise yang ada di Indonesia yaitu Moo Moo Korean Milk. Pendiri Bisnis Moo Moo Korean Milk dengan beraneka macam rasa ialah Chandra Junaidi yang mendirikan usahanya pada tahun 2014 di Palembang Sumatera Selatan. Kenapa memilih usaha franchise Moo Moo Korean Milk karena dizaman sekarang ini susu merupakan salah satu minuman menyegarkan yang kaya akan manfaat karena memiliki nilai gizi yang tinggi.

Untuk mendirikan Moo Moo Korean Milk Pria yang akrab disapa Chandra ini mengaku menghabiskan modal sebesar Rp. 200.0000.000,- yang digunakan untuk membeli peralatan dan bahan baku awal, dan Chandra telebih dahulu melengkapi perizinan yang dibutuhkan Seperti SOP, BPOM, dan sertifikat halal dari MUI.


          Sekilas tidak ada yang berbeda dari Moo Moo Korean Milk dengan minuman susu lainnya. Namun menurut Chandra, kelebihan Moo Moo Korean Milk terletak pada varian rasa yang ditawarkan yang tidak ada di pasaran. “Pelanggan tidak akan menemukan varian rasa yang ada di Moo Moo Korean Milk pada brand lain, karena kita memproduksi sendiri bahan baku yang digunakan,” ujar Chandra.
Chandra menambahkan minuman susu yang ditawarkan Moo Moo Korean Milk juga lebih kental dibanding produk sejenis. Moo Moo Korean Milk menawarkan 8 varian rasa minuman susu yaitu Mexican Coffee, Orange Splash, Honeydew, Frozen White, Choco Magnum, Avolcano, Moo-Moo Vanilla, dan Sstrawberry-Berry. “Hampir semua varian rasa Moo Moo Korean Milk disukai pelanggan,” terangnya.
Tertarik menjadi mitra usaha Moo Moo Korean Milk namun minim modal? Tidak perlu khawatir, pasalnya Moo Moo Korean Milk menawarkan 3 paket investasi yang sangat terjangkau. Mulai dari Paket Ekonomis sebesar Rp 3,7 juta, Paket Tanpa Booth sebesar Rp 4,5 juta, dan Paket Booth senilai Rp 6,2 juta. Untuk paket booth mitra akan mendapatkan booth, peralatan usaha, bahan baku awal, dan media promisi seperti brosur, spanduk, dan banner.
Lalu untuk paket tanpa booth mendapatkan fasilitas yang sama dengan paket booth, hanya saja tidak mendapatkan booth. Sedangkan untuk paket ekonomis hanya mendapatkan bahan baku saja tanpa booth dan media promosi. “Mitra bebas membeli booth dan peralatan sendiri, dan jika mitra ingin mencetak media promosi sendiri saya akan berikan desainnya,” terangnya.
Bagi anda yang ingin mencicipi Moo Moo Korean Milk, tidak perlu khawatir soal harga, pasalnya semua varian rasa dijual dengan harga mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per cup tergantung varian rasa yang dipilih

Analisis :
1. Segmentasi
Berdasarkan demografis usia, yang menjadi segmentasi Moo Moo Korean Milk adalah dikalangan anak-anak usia 7 tahun, usia remaja hingga usia lanjut.
Berdasarkan demografis pendapatan, yang menjadi segmentasi MooMoo korean Milk adalah orang yang mempunyai pendapatan menengah kebawah.
2. Target Pasar
Moo Moo Korean Milk memilih target adalah keluarga dikalangan ekonomi menengah kebawah dan anak remaja dikalangan menengah kebawah.
3. Positioning
Pada produk Moo Moo Korean Milk memiliki ciri khas dari pada penjual-penjual susu yang lainnya yaitu susunya lebih kental dan memiliki aneka rasa diantara lainnya rasa Mexican Coffe, Orange Splash, Honeydew, Frozen White, Choco Magnum, Avolcano, Moo-Moo Vanila, Strawbery-Berry. “Hampir semua varian rasa Moo Moo Korean Milk disukai oleh pelanggan”

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar